Bahasa Shompen

Bahasa Shompen, adalah bahasa yang kurang dikenal, atau bahasa yang dipertuturkan di Pulau Nicobar Besar di wilayah persatuan India Kepulauan Andaman dan Nicobar di Samudera Hindia selatan Burma.

Karena rakyat asli Kepulauan Andaman dan Kepulauan Nicobar terlindungi dari peneliti luar. Bahasa Shompen hampir tidak dapat dijelaskan. Roger Blench dan Paul Sidwell menunjukkan bahwa bahasa Shompen adalah bahasa Austro-Asiatic, meskipun mungkin merupakan cabang yang berbeda dari keluarga Austro-Asiatic.

Orang Shompen adalah pemburu-pengumpul yang tinggal di pedalaman perbukitan dari Biosphere Reserve Nicobar Besar. Perkiraan populasi sekitar 400, meskipun tidak ada sensus telah dilakukan.

Meskipun secara tradisional disamakan dengan bahasa Nicobarese, yang membentuk cabang dari keluarga bahasa Austro-Asiatik (Mon-Khmer), ada sedikit bukti untuk mendukung asumsi ini selama abad 20. Man (1886), mencatat bahwa kata-kata Shompen sangat sedikit yang "menanggung kemiripan" dengan bahasa Nicobarese, dan juga bahwa "dalam kebanyakan" kata-kata berbeda antara kedua kelompok Shompen ia bekerja dengan. Misalnya, kata untuk "belakang/punggung (tubuh)"= gikau, tamnōi, dan hokōa dari sumber yang berbeda; "mandi"= pu (g)oihoɔp dan hōhōm, dan "kepala"= koi dan fiāu. Dalam beberapa kasus, ini mungkin menjadi masalah dibandingkan meminjam kosakata asli, sebagai koi tampaknya Nicobarese, tetapi ini juga menunjukkan Shompen mungkin tidak hanya satu bahasa, atau mungkin adalah cabang ketiga dari sebuah keluarga Mon-Khmer Selatan bersama Aslian dan Nicobarese.

Orang Shompen pada tahun 1886
Studi DNA mitokondria telah menunjukkan bahwa garis keturunan ibu Shompens paling dekat dengan yang orang Indonesia. Variasi dalam segmen DNA pada kromosom Y juga mengungkapkan kedekatan dengan Austro-Asiatic orang termasuk Nicobarese dan Vietnam, bukan untuk orang-orang dari daratan India. Peneliti lain. Telah menggambarkan proposal bahwa Shompens adalah "keturunan Mesolithic-hunter–gatherers", sebagai tidak berdasar.


diolah dari berbagai sumber


No comments:

Post a Comment

Apabila ada "kata" atau "arti" yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, atau kami salah mengartikan untuk kamus sederhana yang kami sampaikan di blog ini. Karena keterbatasan atau kesalahan dari sumber/ referensi yang kami dapat. Mohon kiranya untuk memberi koreksi kesalahan dan agar segera kami memperbaikinya.
Salam