Sejarah Bahasa Inggris

Sejarah Bahasa Inggris yang menjadi Bahasa Dunia
(Sumber: Sejarah bahasa Inggris oleh Barbara A. Fennell)

Bahasa Inggris diucapkan oleh 750 juta orang di dunia sebagai salah satu bahasa resmi suatu negara, bahasa kedua, atau campuran dengan bahasa lain (seperti pidgins dan kreol). Inggris adalah (atau satu) bahasa resmi di Inggris, Kanada, Australia dan Selandia Baru, namun Amerika Serikat tidak mempunyai bahasa resmi.

Sejarah bahasa Inggris bermula dari lahirnya bahasa Inggris di pulau Britania kurang lebih 1.500 tahun yang lalu. Bahasa Inggris adalah sebuah bahasa Jermanik Barat yang berasal dari dialek-dialek Anglo-Frisia yang dibawa ke pulau Britania oleh para imigran Jermanik dari beberapa bagian barat laut daerah yang sekarang disebut Belanda dan Jerman. Pada awalnya, bahasa Inggris Kuno adalah sekelompok dialek yang mencerminkan asal-usul beragam kerajaan-kerajaan Anglo-Saxon di Inggris. Salah satu dialek ini, Saxon Barat akhirnya yang berdominasi. Lalu bahasa Inggris Kuno yang asli kemudian dipengaruhi oleh dua gelombang invasi.

Gelombang invasi pertama adalah invasi para penutur bahasa dari cabang Skandinavia keluarga bahasa Jerman. Mereka menaklukkan dan menghuni beberapa bagian Britania pada abad ke-8 dan ke-9.

Lalu gelombang invasi kedua ini ialah suku Norman pada abad ke-11 yang bertuturkan sebuah dialek bahasa Perancis. Kedua invasi ini mengakibatkan bahasa Inggris "bercampur" sampai kadar tertentu (meskipun tidak pernah menjadi sebuah bahasa campuran secara harafiah).

Hidup bersama dengan anggota sukubangsa Skandinavia akhirnya menciptakan simplifikasi tatabahasa dan pengkayaan inti Anglo-Inggris dari bahasa Inggris.

Pada tahun 1786, Sir William Jones menemukan bahwa terdapat banyak sanak sanskrit ke Yunani dan Latin. Dia menduga sebuah Proto-bahasa Indo-Eropa telah ada bertahun-tahun sebelumnya. Meskipun tidak ada bukti kongkrit untuk mendukung satu bahasa ini telah ada, diyakini bahwa banyak bahasa yang digunakan di Eropa dan Asia Barat semua berasal dari bahasa yang umum. Beberapa bahasa yang tidak termasuk dalam cabang Indo-Eropa mencakup bahasa Basque, Finlandia, Estonia, dan Hungaria.

Inggris Kuno (449 - 1066 M)
Bahasa Inggris Lama (juga disebut Anglo-Saxon) tanggal kembali ke 449 Masehi. Bangsa Celtic telah tinggal di Inggris ketika menginvasi Roma. Meskipun mereka menyerang dua kali, mereka tidak menaklukkan bangsa Celtic hingga 43 Masehi dan Latin tidak pernah menyusul bahasa Celtic. Orang Roma akhirnya meninggalkan Inggris pada tahun 410 Masehi sebagai Kekaisaran Romawi runtuh, meninggalkan Celtic berdaya. Kemudian suku-suku Jermanik dari hari sekarang daerah denmark tiba. Empat Suku-suku utama suku Angles, Saxon, Jute dan Frisia. Suku-suku ini mendirikan tujuh kerajaan yang disebut Anglo-Saxon Heptarchy yang meliputi: Mercia, Northumbria, Kent, Wessex, Sussex, Essex, dan East Anglia. Empat dialek yang diucapkan dalam kerajaan-kerajaan ini: West Saxon, Kentish, Mercian dan Northumbrian. Celtic bergerak ke utara ke Skotlandia, Irlandia dan barat ke selatan untuk Perancis, meninggalkan area utama Britania.

Suku-suku Jermanik yang terpapar ke Latin sebelum mereka menyerbu Inggris, jadi bahasa yang mereka berbicara memang memiliki beberapa pengaruh bahasa Latin.

Spoiler for bahasa inggris kuno
Hwæt! Wē Gār-Dena in geārdagum,
þēodcyninga, þrym gefrūnon,
hū ðā æþelingas ellen fremedon.
Oft Scyld Scēfing sceaþena þrēatum,
monegum mǣgþum, meodosetla oftēah,
egsode eorlas. Syððan ǣrest wearð
fēasceaft funden, hē þæs frōfre gebād,
wēox under wolcnum, weorðmyndum þāh,
oðþæt him ǣghwylc þāra ymbsittendra
ofer hronrāde hȳran scolde,
gomban gyldan. þæt wæs gōd cyning!

Spoiler for terjemahan bahasa indonesia
Lihat, pujian keahlian rakyat-raja-raja
orang Denmark yang dipersenjatai dengan tombak, di hari panjang meluncur,
kami sudah mendengar, dan kehormatan di mana para atheling (“pangeran mahkota”) menang!
Oft Scyld Scefing dari musuh yang dibagi menjadi skuadron,
dari banyak suku, merusak bangku pesta,
membuat para bangsawan terpesona. Sejak pertama dia ialah
tanpa teman, seorang bayi terlantar, nasib membalasnya:
karena dia membesar di bawah angkasa, di kekayaan dia berkembang pesat,
sampai di hadapannya rakyat, baik jauh maupun dekat,
yang memiliki rumah dekat jalan ikan paus, mendengar amanatnya,
memberinya hadiah: seorang raja baik dia!

Bahasa Inggris Pertengahan (1066 - 1500 M)
Masa Inggris, Abad Pertengahan dimulai dengan invasi Norman 1066 Masehi. Raja Edward the Confessor telah meninggal tanpa ahli waris, dan William, Adipati Normandia, percaya bahwa ia akan menjadi raja berikutnya. Namun, setelah mengetahui bahwa Harold dimahkotai sebagai raja, William menginvasi Inggris, membunuh Harold dan memahkotai dirinya sebagai raja selama Pertempuran Hastings terkenal. Namun William hanya berbicara bahasa Prancis. Akibatnya, kelas atas di Inggris mulai berbicara perancis sementara kelas bawah berbahasa Inggris.

Tetapi oleh 1250 Masehi, Prancis mulai kehilangan prestise. Raja John telah kehilangan Normandia ke Perancis tahun 1204 M, dan setelah dia, Raja Edward I hanya berbicara bahasa Inggris. Pada saat ini, banyak orang asing memasuki Inggris yang membuat kaum bangsawan merasa lebih "Inggris" dan mendorong lebih banyak menggunakan bahasa Inggris. Kelas atas mencoba untuk belajar bahasa Inggris, tapi mereka masih menggunakan kata-kata Perancis kadang-kadang, yang dianggap agak sombong. Perancis masih mempertahankan prestise di tempat lain, dan kelas atas tidak mau kehilangan sama sekali. Meskipun demikian, Perang Seratus Tahun (1337-1453 M) semakin kebencian terhadap segala sesuatu Prancis. Black Death juga memainkan peran dalam meningkatkan penggunaan bahasa Inggris dengan munculnya kelas menengah. Beberapa dari para pekerja telah dibunuh oleh wabah, yang meningkatkan status para petani, yang hanya berbicara bahasa Inggris. Pada 1362 Masehi, Statuta Mengaku (meskipun ditulis dalam bahasa Perancis) menyatakan bahasa Inggris sebagai bahasa lisan resmi dari pengadilan. Pada 1385 Masehi, bahasa Inggris adalah bahasa pengantar di sekolah-sekolah. 1350-1400 Masehi dikenal sebagai Periode Individu Great Writers (yang paling terkenal, Chaucer), tetapi karya-karya mereka termasuk permintaan maaf untuk menulis dalam bahasa Inggris.

Beberapa kata dalam bahasa Perancis (sekitar 10.000) telah dipinjam ke dalam bahasa Inggris antara 1250 dan 1500 Masehi (meskipun sebagian besar dari kata-kata ini bukan Norman Paris Perancis). Banyak dari kata-kata itu berkaitan dengan pemerintah (berdaulat, kerajaan), hukum (hakim, juri, keadilan, pengacara, kejahatan, pencurian), kehidupan sosial (fashion, bordir, citarasa, selera makan) dan belajar (penyair, logika, dokter). Selanjutnya, sistem hukum tetap bagian dari urutan kata perancis (mengikuti kata sifat kata benda) dalam istilah-istilah seperti biaya sederhana, jaksa agung dan piutang.

Sistem penulisan berubah secara dramatis di Inggris, Abad Pertengahan:

* Ð þ dan digantikan oleh th (dan kadang-kadang y, seperti dalam berarti kamu)
* C sebelum i atau e menjadi ch
* Sc menjadi sh
* H internal ini ditambahkan setelah g
* Hw menjadi wh
* Cw menjadi qu
* Simbol-simbol baru v dan u ditambahkan; v kata digunakan pada awalnya, dan u digunakan di tempat lain
* K ini digunakan jauh lebih sering (cyning menjadi raja)
* Nilai baru diberikan kepada simbol-simbol tua juga; g sebelum i atau e diucapkan ǰ; ʒ menjadi j, dan c di depan i dan e menjadi s dalam beberapa kasus
* Sejarah h (biasanya tidak diucapkan) telah ditambahkan ke dalam beberapa kata (diasumsikan bahwa kata-kata ini pernah dimulai dengan h): kehormatan, ahli waris, jujur, rempah, kebiasaan

Spoiler for bahasa inggris pertengahan
Here bygynneth the Book of the Tales of Caunterbury

Whan that Aprill, with his shoures soote
The droghte of March hath perced to the roote
And bathed every veyne in swich licour,
Of which vertu engendred is the flour;
Whan Zephirus eek with his sweete breeth
Inspired hath in every holt and heeth
The tendre croppes, and the yonge sonne
Hath in the Ram his halfe cours yronne,
And smale foweles maken melodye,
That slepen al the nyght with open eye-
So priketh hem Nature in hir corages);
Thanne longen folk to goon on pilgrimages

Spoiler for terjemahan bahasa indonesia
Di sini bermula Kitab Cerita-Cerita dari Canterbury

Ketika pada bulan April, dengan hujannya yang manis
Kekeringan bulan Maret telah menembus akarnya
Dan memandikan semua pembuluh darah dengan cairan seperti ini,
Untuk menghasilkan di dalam dan menumbuhkan bunga;
Juga ketika Zephirus ("angin barat") dengan nafasnya yang manis
Memberikan ilham pada semua pohon dan heeth
Tunas-tunas lembut dan matahari muda
Telah berlari separuh jalan pada rasi Aries,
Dan burung-burung kecil bernyanyi,
Yang pada malam hari tidur dengan mata terbuka-
Dan kemudian alam menusuki keberaniannya);
Kemudian orang-orang menginginkan untuk pergi berziarah

Inggris Modern Awal (1500 - 1650/1700 M)
William Caxton memperkenalkan percetakan ke Inggris pada 1476 dan dialek Midland Timur menjadi standar sastra inggris. Sepuluh ribu kata-kata yang ditambahkan ke Bahasa Inggris sebagai penulis kata-kata baru diciptakan dengan menggunakan afiks Yunani dan Latin. Beberapa kata, seperti devulgate, attemptate dan dispraise, tidak lagi digunakan dalam bahasa Inggris, tetapi beberapa kata-katanya juga dipinjam dari bahasa lain juga dari karya-karya Chaucer. Pada tahun 1582, Richard Mulcaster diusulkan dalam risalahnya "Elementaire" kompromi pada ejaan dan dengan 1623, Henry Cockrum menerbitkan kamus bahasa Inggris. Mesin cetak membantu untuk membakukan ejaan bahasa Inggris dalam tahap modern. Pada tahun 1755 Samuel Johnson juga menerbitkan kamus penting bahasa Inggris pertama, yang berjudul Dictionary of the English Language.

Spoiler for bahasa inggris modern awal
Of man's disobedience, and the fruit
of that forbidden tree, whose mortal taste
Brought death into the world, and all our woe,
With loss of Eden, till one greater Man
Restore us, and regain the blissful seat,
Sing, Heavenly Muse, that on the secret top
Of Oreb, or of Sinai, didst ispire
That shepherd, who first taught the chosen seed,
In the beginning how the Heavens and Earth
Rose out of chaos: or if Sion hill
Delight thee more, and Siloa's brook that flowed
Fast by the oracle of God, I thence
Invoke thy aid to my adventures song,
That with no middle Flight intends to soar
Above the Aonian mount, whyle it pursues
Things unattempted yet in prose of rhyme.

Spoiler for terjemahan bahasa indonesia
Ketidakpatuhan manusia, dan buah
pohon terlarang itu, di mana rasanya yang mematikan
membawa kematian ke dalam dunia, dan sama sekali kesengsaraan kami,
Dengan kehilangan Firdaus, sampai seorang Manusia yang lebih hebat
Mengembalikan kami, dan mendapat kembali tempat duduk yang terberkati,
Menyanyilah, Dewa Lagu Sorgawi, bahwa dia puncak rahasia
Oreb, atau Sinai, memberikan semangat
pada gembala itu, yang terlebih dulu mengajar bibit yang dipilih,
Pada mulanya bagaimana Langit dan Bumi
Muncul dari kekacauan: atau jika bukit Zion
Menerangimu lebih banyak, dan parit Siloa yang mengalir
Cepat oleh sang orakel, lalu akupun
Memanggil bantuanmu pada lagu petualanganku,
Bahwa dengan tak ada Penerbangan tengah bermaksud berteriak
di atas sandaran Aonian, ketika ia mengejar
Hal yang masih tak dicoba pada syair gancaran.

Ahli Tata Bahasa Awal (abad 18)
Sebuah proposal untuk Akademi Bahasa Inggris pertama kali dibawa oleh Jonathan Swift pada 1712, tetapi DPR memberikan suara menentangnya. Namun demikian, beberapa ahli tata bahasa wrote kamus dan buku tata bahasa dalam resep cara - memberitahu orang-orang apa yang harus dilakukan atau tidak harus dilakukan dengan bahasa. Samuel Johnson, A Dictionary Bahasa Inggris diterbitkan pada tahun 1755 dan Robert Lowth's Introduction ke Bahasa Inggris Grammar muncul di 1762. Awal tata bahasa merasa bahwa bahasa harus logis, oleh karena itu, negatif ganda dianggap tidak benar (dua hal negatif yang setara dengan satu positif) dan tidak boleh digunakan. Mereka juga tidak suka berlebihan dipersingkat atau kata-kata, kata-kata pinjaman dari bahasa lain (kecuali bahasa Latin dan Yunani), split infinitif, atau preposisi di akhir kalimat.

Yang lebih berpikiran ilmiah sikap memegang oleh abad ke-19 ketika Inggris Kamus Oxford diusulkan pada tahun 1859. Itu menjadi account faktual setiap kata dalam bahasa Inggris sejak 1000 termasuk form utama, pengucapan, variasi ejaan, bagian dari pidato, etimologi, makna secara kronologis dan kutipan ilustratif. Proyek ini dimulai pada tahun 1879 di bawah editor pertama, James AH Murray. Edisi pertama diterbitkan pada tahun 1928, dengan suplemen pada tahun 1933 dan 1.972-6. Edisi kedua diterbitkan pada tahun 1989 dan itu diakui Amerika dan Inggris Australia, sebagai International Phonetic Alphabet untuk pengucapan.

Permulaan Modern inggris
Di Inggris, beberapa perubahan ke Bahasa Inggris telah terjadi sejak 1700. Hal ini termasuk hilangnya vokal pasca-r (r sehingga hanya diucapkan sebelum vokal dan bukan setelah); peningkatan penggunaan tenses progresif dan peningkatan kesadaran kelas ujaran (Received Pronunciation.) Sejak 1900, jumlah yang sangat besar kata kosakata telah ditambahkan ke Bahasa Inggris dalam jangka waktu yang relatif singkat. Sebagian besar kata-kata ini berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan menggunakan akar Yunani dan Latin.

Spoiler for bahasa inggris modern
IN CONGRESS, July 4, 1776.
The unanimous Declaration of the thirteen united States of America,

When in the Course of human events, it becomes necessary for one people to
dissolve the political bands which have connected them with another, and to
assume among the powers of the earth, the separate and equal station to which
the Laws of Nature and of Nature's God entitle them, a decent respect to the
opinions of mankind requires that they should declare the causes which impel
them to the separation.

Spoiler for terjemahan bahasa indonesia
DI CONGRESS, 4 Juli 1776.
Deklarasi unanim tigabelas Negara Bagian Amerika,
Kalau di Jalan peristiwa manusia, menjadi perlu untuk satu orang untuk
membubarkan ikatan politik yang sudah menyambung mereka dengan lain, dan untuk
bergabung di antara para penguasa Bumi, posisi pisah dan setara di mana
Hukum Alam dan Sifat Tuhan memberi hak mereka, hal pantas kepada
pendapat manusia yang memerlukan bahwa mereka sebaiknya mengumumkan sebab yang mendorong mereka sampai pemisahan.

Inggris Amerika
Imigran dari Inggris Tenggara mulai berdatangan di benua Amerika Utara pada awal 1600-an. Pada pertengahan 1800-an, 3,5 juta imigran meninggalkan Kepulauan Inggris untuk Amerika Serikat. Bahasa Inggris Amerika dicirikan oleh archaisms (kata-kata yang berubah makna di Britania, tetapi tetap di koloni-koloni) dan inovasi dalam kosakata (meminjam dari Perancis dan Spanyol yang juga menetap di Amerika Utara). Noah Webster adalah yang paling vokal tentang perlunya identitas nasional Amerika berkaitan dengan bahasa Inggris Amerika. Dia menulis buku ejaan Amerika, The Blueback ejaan, pada tahun 1788 dan mengubah beberapa ejaan dari Inggris (warna menjadi warna, teater menjadi teater, dll) Pada tahun 1828, ia menerbitkan Amerika terkenal Kamus Bahasa Inggris.

Dialek di Amerika Serikat dihasilkan dari gelombang imigrasi yang berbeda dari penutur Inggris, kontak dengan bahasa lain, dan perdagangan budak, yang memiliki dampak mendalam African American inggris. Sebuah studi dialek dilakukan pada tahun 1920 dan temuan yang dipublikasikan dalam Atlas Linguistik Amerika Serikat dan Kanada.


Inggris Menjelajah Dunia
Meskipun Kerajaan Inggris, Irlandia, Kanada, Australia dan Selandia Baru memiliki bahasa Inggris sebagai bahasa resmi, Amerika Serikat tidak memiliki bahasa resmi. Ini adalah bagaimana mungkin untuk menjadi warga negara AS tanpa berbicara dalam bahasa Inggris. Kanada juga memiliki Perancis sebagai bahasa resmi, meskipun sebagian besar dituturkan di provinsi Quebec. Karena banyak dari penutur bahasa Inggris yang awalnya dihuni Kanada berasal dari Amerika Serikat, ada sedikit perbedaan di Amerika dan Kanada dialek dari bahasa Inggris. Demikian pula, Australia dan Selandia Baru memiliki sedikit perbedaan inggris, australia kecuali awalnya menetap sebagai koloni hukuman, dan Selandia Baru tidak. Selandia Baru lebih melekat pada Diterima Pengucapan dari kelas atas di Inggris, sehingga dialek mereka dianggap lebih dekat dengan Inggris.

Inggris inggris kolonialisme telah menyebar di seluruh dunia, dan masih memegang prestise di Afrika Selatan, India, dan Singapura, di antara bangsa-bangsa lain. Di Afrika Selatan, Inggris menjadi bahasa resmi, bersama dengan Afrika dan 9 bahasa-bahasa Afrika, dalam konstitusi tahun 1996. Namun, hanya 3% dari negara itu 30 juta orang penutur asli bahasa Inggris. Dua puluh persen adalah keturunan dari petani Belanda yang berbahasa Afrikaans, dan sisanya asli Afrika. Meskipun Inggris memenangkan Perang Boer 1899-1901 melawan Belanda petani (orang Boer), Britania Boer masih menjanjikan pemerintahan sendiri di bawah Uni Afrika Selatan. Pada tahun 1948, negara ini memenangkan pemilihan Afrikaner dan tetap berkuasa melalui tahun 1990. Apartheid (yang dipisahkan yang Afrikaner dan Afrika) resmi berakhir di bawah pemerintahan Nelson Mandela, dan meskipun Afrikaans adalah bahasa yang digunakan lebih sering, orang-orang Afrika ingin bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Maka kompromi dari 11 bahasa resmi.

India menjadi merdeka dari Britania pada 1947, dan bahasa Inggris seharusnya bertahap oleh 1965. Namun, saat ini bahasa Inggris dan Hindi adalah bahasa resmi. India Inggris dicirikan oleh massa memperlakukan benda sebagai benda menghitung. Di Singapura, Cina, dan India bahasa malay berdampak pada bentuk bahasa Inggris diucapkan. Setiap guru mengajar bahasa Inggris dalam sistem sekolah, tetapi ada beberapa perbedaan dari Inggris juga.


sumber :
- ielanguages.com

- wikipedia


6 comments:

  1. SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

    Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG GAIB
    3.JUAL TUYUL MEMEK
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    ReplyDelete
  2. =======RAHASIA MENHASILKAN UANG BERLIMPAH=========

    =======RATUSAN RIBUH HINGGA JUTAAN RUPIAH======

    DILIRIK TEMPAT PESUGIHAN TAMPA TUMBAL DARI MANUSIA

    Jika Anda sudah capek dan lelah dengan status

    P7 – PERGI PAGI PULANG PETANG PENGHASILAN PAS-PASAN

    dan Anda tidak tahu harus bagaimana untuk meningkatkan

    kondisi finansial Anda… maka saya minta Anda dengarkan saya.

    Mungkin Anda adalah orang

    yang memiliki masalah :

    1.pemikiran tidak karuan

    2.Butuh Uang

    3 Butuh angka togel hasil ritual 100% tembus yang terjamin

    4.ingin buka usaha sendiri

    5 Memiliki Banyak Hutang

    6.Penghasilan Tidak Cukup

    7.selalu gagal setiap ada pekerjaan

    Semua masalah bisa di atasi

    Maka Anda sudah tepat sekali.

    berada di sini

    Anda PENASARAN Dan

    Ingin Tahu Rahasianya?

    LANGSUN AJA HBG BELIAU JANGAN DI RAGUKAN

    KY ARIF DI NO: (082-369-439-555)

    Saya sangat berterimakasih banyak kepada

    KY ARIF dan sayasudah punya usaha dan bisa melunasi semua hutang2 saya bakhan saya juga sudah bisa membahagiakan kedua orang tua saya bersama istri saya. itu semua atas bantuan PAK KY yang memberikan sulusi jalang menuju pesugihan mendapatkan uang , sudah banyak paranormal yg saya hubungi tapi tdk pernah membuahkan hasil, sehingga saya mencoba mengikuti ritual pesugihan KY ARIF dan alhamdulillah berhasil dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan>>>>>KLIK DISINI PESUGIHAN TAMPA TUMBAL<<<<<HBG BELIAU...!

    DI no 082-369 439 555 KY ARIF jangan percaya sama nomor ritual paranormal yg lain,nomor ritual KY ARIF meman selalu tepat dan terbukti.
    DAN TANDA TERIMAH KASIH SAYA KEPADA KY ARIF SETIAP

    SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN

    BELIAU BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI KY ARIF DI NO 082 369 439 555)

    ReplyDelete
  3. Nama saya Dewi Rumapea, saya dari Indonesia, tolong dengarkan, beberapa pemberi pinjaman di sini tidak bersedia untuk membantu Anda, semua yang mereka inginkan adalah untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh, hal yang paling penting adalah menerapkan untuk perusahaan yang sah.. Suami saya dan saya, mencari pinjaman dari kreditur yang berbeda online tapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita tanpa mendapatkan pinjaman kami dari perusahaan-perusahaan pinjaman yang berbeda secara.
    Kami bahkan meminjam uang untuk membayar pemberi pinjaman ini online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa.
    Suami saya dan saya berada di utang, dan kami tidak punya satu untuk lari ke bantuan, bisnis keluarga kami hancur dan kami di mana tidak bisa mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Glory yang membantu kami dengan menawarkan kita jumlah pinjaman tanpa jaminan dari 500 juta tanpa agunan.
    Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Ibu. Glory atau mengikuti prosedur pinjamannya, hubungi saya melalui email saya: dewiputeri9@gmail.com
    Atau Anda dapat mengirim email ke Ibu Glory ke: gloryloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. mantap bro artikelnya, dan ada 4 faktor yang menyebabkan bahasa inggris menjadi bahasa international

    ReplyDelete





  6. Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura

    Saya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
    Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
    kepada Mbah Dewa saya sudah kerja sebagai TKI
    selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
    Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
    Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
    Saya mengetahui situs mbah Dewa sebenarnya sdh lama
    dan jg nama besar Beliau
    tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
    dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
    apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
    Saya bilang saya terlantar disingapur
    tidak ada ongkos pulang.
    dan mbah dewa menjelaskan persaratanya.
    setelah saya kirim biaya ritualnya.
    beliau menyuruh saya untuk menunggu
    sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
    dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
    apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
    dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
    gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
    angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
    dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak MBAH
    sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
    Buat MBAH,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik MBAH.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat
    Hub; Mbah DEWA BHARATA di; 0823 1655 5388







    Yang Punya Rumah Trimakasih Banyak
    salam JP
    ----------



















    Bpk. Indra Nasution Dari medan

    SALAM KENAL SEMUA...!!!

    "Inilah kisah nyata kami. tampa rekayasa"
    Terlebih dahulu saya sekeluarga mengucapkan banyak Trimakasih Kepada Bapak KH.Fatullah Harun
    Yang tlah membantu kami sekeluarga. Syukur "ALHAMDULILLAH" Hal yg tidak pernah terbayangkan
    dan tidak pernah terpikirkan kalau saya bisa seperti sekarang ini.
    Munkin dulu akulah orang paling terpuruk masalah ekonomi, karna tidak punya pekerjaan tetap
    dan kebutuhan keluarga selalu kekurangan.
    Dan suatu saat saya mau pinjam uang kepada tetangga kami yang lebih mampu.
    dan tetangga saya menyarankan untuk minta bantuan kepada "Bpk. haji"
    katanya dia dulu juga dibantu sama beliau melalui (PESUGIHAN ISLAM TAMPA TUMBAL)
    Dan alhamdulillah bisa seperti sekarang.orang paling sukses dikampung kami
    Saya pun minta nomor telpon pak KH.Fatullah Harun dan pulang kerumah untuk menghubunginya
    menceritakan penderitaan kami sekeluarga dan Alhamdulillah beliau bersedia membantu kami
    Dengan -PESUGIHAN ISLAM TAMPA TUMBAL- Inilah pertama kalinya Saya melihat uang sebanyak ini
    kami sudah bisa bayar hutang-hutang kami dan sudah bisa buka usaha dan Alhamdulillah sampai sekarang
    kami bisa menjadi orang sukses berkat bantuan Bpk. KH.Fatullah Harun
    inilah kisah nyata kami Tampa REKAYASA.
    Mudah-mudahan kisah hidup kami. bisa membantu saudara/saudari semua:

    ----------KH.Fatullah Harun....AHLI SPIRITUAL---------------
    Bisa membantu permasalahan anda sebagai berikut dibawah ini:

    1. PESUGIHAN ISLAM TAMPA TUMBAL
    2. TRANSPER JANIN / ABORSI AMAN TAMPA DI SENTUH
    3. PINJAMAN DANA GAIB
    4. PELET PEMIKAT LAWAN JENIS

    Atau lebih jelasnya Hubungi:
    KH.Fatullah Harun no.Hp: 0823 5221 8228 whatsApp: 082352218228

    kunjungi WEB resmi beliau di bawah ini:
    Klik=> AHLI SPIRITUAL TERPERCAYA






    terimakasih yg punya room

    ReplyDelete

Apabila ada "kata" atau "arti" yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, atau kami salah mengartikan untuk kamus sederhana yang kami sampaikan di blog ini. Karena keterbatasan atau kesalahan dari sumber/ referensi yang kami dapat. Mohon kiranya untuk memberi koreksi kesalahan dan agar segera kami memperbaikinya.
Salam