Rumpun Bahasa Austrik

Bahasa Austrik, disebut juga Rumpun Superfamili Austrik, adalah salah satu nenek moyang bahasa yang termasuk sebuah Rumpun Keluarga Bahasa Purba yang diucapkan pada masa 10000 - 7000 Sebelum Masehi. Bahasa Austrik ini mulai tersebar ke wilayah Asia terutama di China bagian Selatan. Akibat dari tersebar-sebarnya para pemakai bahasa Austrik menjadikan terjadinya beberapa kelompok rumpun bahasa, yaitu bahasa Austronesia, bahasa Austro-Asiatic, bahasa Tai-Kadai dan bahasa Hmong-Mien (juga disebut Miao-Yao).  Para pakar Ethnolog berpendapat ke empat rumpun bahasa tersebut yang berasal dari Cina bagian Selatan saling berkerabat. Satu lagi yang masih menjadi perdebatan yaitu bahasa Sino-Tibet, yang tidak berasal dari Cina bagian Selatan, tidak diterima masuk ke dalam Rumpun Superfamili Austrik.

Rumpun bahasa Austronesia,  Penyebarannya meliputi ke seluruh gugusan kepulauan Asia Tenggara dan Lautan Pasifik. Bahasa Austronesia tersebar luas dari Taiwan dan Hawaii di ujung utara hingga ke New Zealand di wilayah (Aotearoa) di hujung selatan dan dari Madagascar jauh di barat sampai ke Pulau Easter (Rapanui). Para penutur bahasa Proto Austronesia atau Austronesia Purba berasal dari daerah yang sekarang disebut Cina bagian selatan. Sekitar 7000 - 4000 tahun yang lalu para penutur bahasa ini bermigrasi ke pulau Taiwan dan dari sana lalu menyebar ke Filipina, Indonesia, kemudian ke Madagascar dekat benua Afrika dan ke seluruh lautan Pasifik.
Asal nama Austrik berasal dari bahasa Latin auster, "selatan".


Rumpun Bahasa Austrik
  • rumpun bahasa Austronesia
  • rumpun bahasa Tai-Kadai
  • rumpun bahasa Hmong-Mien
  • rumpun bahasa Austro-Asiatic
Para penutur keempat rumpun bahasa yang berkerabat ini bermukim di daerah yang sekarang termasuk Cina bagian selatan sampai lebih kurang antara tahun 2000 SM – 1000 SM. Di kala itu sukubangsa Han, yang merupakan penutur bahasa Sino-Tibet dari Cina utara, menyerbu ke selatan dan para penutur bahasa Austrik tercerai-berai. Hal ini yang diduga sebagai alasan mengapa kaum Austronesia terpaksa berhijrah ke Taiwan dan ke kepulauan Asia Tenggara dan Kepulauan Pasifik lainnya.

sumber:
- wikipedia

- language.psy.auckland.ac.nz


1 comment:

  1. =======RAHASIA MENHASILKAN UANG BERLIMPAH=========

    =======RATUSAN RIBUH HINGGA JUTAAN RUPIAH======

    DILIRIK TEMPAT PESUGIHAN TAMPA TUMBAL DARI MANUSIA

    Jika Anda sudah capek dan lelah dengan status

    P7 – PERGI PAGI PULANG PETANG PENGHASILAN PAS-PASAN

    dan Anda tidak tahu harus bagaimana untuk meningkatkan

    kondisi finansial Anda… maka saya minta Anda dengarkan saya.

    Mungkin Anda adalah orang

    yang memiliki masalah :

    1.pemikiran tidak karuan

    2.Butuh Uang

    3 Butuh angka togel hasil ritual 100% tembus yang terjamin

    4.ingin buka usaha sendiri

    5 Memiliki Banyak Hutang

    6.Penghasilan Tidak Cukup

    7.selalu gagal setiap ada pekerjaan

    Semua masalah bisa di atasi

    Maka Anda sudah tepat sekali.

    berada di sini

    Anda PENASARAN Dan

    Ingin Tahu Rahasianya?

    LANGSUN AJA HBG BELIAU JANGAN DI RAGUKAN

    KY ARIF DI NO: (082-369-439-555)

    Saya sangat berterimakasih banyak kepada

    KY ARIF dan sayasudah punya usaha dan bisa melunasi semua hutang2 saya bakhan saya juga sudah bisa membahagiakan kedua orang tua saya bersama istri saya. itu semua atas bantuan PAK KY yang memberikan sulusi jalang menuju pesugihan mendapatkan uang , sudah banyak paranormal yg saya hubungi tapi tdk pernah membuahkan hasil, sehingga saya mencoba mengikuti ritual pesugihan KY ARIF dan alhamdulillah berhasil dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan>>>>>KLIK DISINI PESUGIHAN TAMPA TUMBAL<<<<<HBG BELIAU...!

    DI no 082-369 439 555 KY ARIF jangan percaya sama nomor ritual paranormal yg lain,nomor ritual KY ARIF meman selalu tepat dan terbukti.
    DAN TANDA TERIMAH KASIH SAYA KEPADA KY ARIF SETIAP

    SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN

    BELIAU BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI KY ARIF DI NO 082 369 439 555)

    ReplyDelete

Apabila ada "kata" atau "arti" yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, atau kami salah mengartikan untuk kamus sederhana yang kami sampaikan di blog ini. Karena keterbatasan atau kesalahan dari sumber/ referensi yang kami dapat. Mohon kiranya untuk memberi koreksi kesalahan dan agar segera kami memperbaikinya.
Salam