Rumpun Malayo-Sumbawan

Rumpun Bahasa Malayo-Sumbawan, adalah kelompok bahasa diidentifikasi oleh Adelaar (cit. Adelaar & Himmelmann 2005) yang menyatukan bahasa Malayic dan Chamic dengan bahasa di pulau Jawa dan bagian barat Kepulauan Sunda Kecil, kecuali untuk bahasa Jawa.

Ada kesamaan Jawa dengan Bali dan Sasak dari Sunda Kecil, yang beberapa klasifikasi telah diambil sebagai bukti hubungan antara mereka. Namun, kesamaan adalah dengan "tinggi" register (bahasa formal / pidato kerajaan) dari Bali dan Sasak, ketika "rendah" register (biasa pidato) dianggap, koneksi muncul bukan untuk bersama Madura dan Melayu [klarifikasi diperlukan] Situasi ini agak mirip dengan Inggris, dimana lebih 'halus' kosakata menunjukkan hubungan dengan Prancis, tapi bahasa dasar menunjukkan hubungannya dengan Jerman.


Malayo-Sumbawan 
·   Madurese 
·   Kangean (Indonesia (Jawa dan Bali))
·   Madura (Indonesia (Jawa))
·   Bagian Utara dan Bagian Timur (northern dan eastern)
·   Bali-Sasak-Sumbawa
·   Sasak-Sumbawa
·   Bali (Indonesia (Bali))
·   Chamic
·   Achenese 
·   Coastal 
·   Dataran Tinggi
·   Malayic 
·   Ibanic 
·   Kendayan 
·   Malay
·   Sundanese
·   Badui (Indonesia (Jawa))
·   Sunda (Indonesia (Jawa))



No comments:

Post a Comment

Apabila ada "kata" atau "arti" yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca, atau kami salah mengartikan untuk kamus sederhana yang kami sampaikan di blog ini. Karena keterbatasan atau kesalahan dari sumber/ referensi yang kami dapat. Mohon kiranya untuk memberi koreksi kesalahan dan agar segera kami memperbaikinya.
Salam